Minum Kopi Bareng Masuk MURI

Gatra News

Bondowoso – Sebanyak 2011 orang yang menyeduh dan meminum kopi secara serentak berhasil dicatatkan di Museum Rekor Indonesia (MURI). Aksi meminum kopi Luwak dan Arabica tersebut dilakukan di sebelah barat Alun-alun Ki Bagus Asra, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Jumat (2/12).

Mereka terdiri dari gabungan pegawai Pemkab Bondowoso, anggota TNI, Polri, serta pegawai berbagai instansi yang dipimpin Bupati Bondowoso Amin Said Husni, dalam rangkaian acara Festival Muharram 2011.

Para peserta kegiatan yang jumlahnya disesuaikan dengan tahun 2011 itu berdiri berjajar saling menghadap meja panjang yang di atasnya sudah disediakan termos berisi air panas, kopi bubuk, gula, dan gelas.

Setelah mendapat aba-aba mereka bersama-sama menyeduh kopi dengan takaran satu sendok kopi bubuk dicampur dengan dua sendok gula pasir. Setelah diaduk, mereka kemudian kemudian meminumnya secara serempak.

Untuk memudahkan penghitungan dari tim MURI yang dimpimpin oleh deputi manajer Desi Dwianestia P itu, gelas-gelas yang sudah disediakan di atas meja terlebih dahulu ditempeli angka dari satu hingga 2011 sesuai jumlah peserta.

Bupati Amin Said Husni mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar untuk semakin meneguhkan bahwa kopi merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Bondowoso, selain penganan tapai yang terbuat dari singkong.

“Saat ini kopi produksi Bondowoso merupakan salah satu kopi terbaik di Indonesia. Bahkan saat mengikuti kontes kopi nasional di Jakarta, November lalu, kopi Bondowoso menyabet juara pertama. Kopi Bondowoso mengalahkan kopi Toraja, Gayo dan Flores yang sudah sangat terkenal,” kata mantan anggota DPR RI ini.

Selain itu, ia mengemukakan bahwa yang lebih membanggakan lagi kopi Bondowoso juga sudah mulai diekspor ke Swiss yang pengiriman perdananya dimulai pada Juni 2011.

“Lewat berbagai kegiatan semacam ini kami berharap kopi Bondowoso terus semakin dikenal dan digemari oleh masyarakat di dunia,” ujarnya.

Sementara Deputi Manajer MURI Desi Dwianestia mengatakan bahwa kegiatan itu tercatat sebagai penyeduh dan peminum kopi terbanyak. Dalam catatan MURI yang didirikan oleh Jaya Suprana itu, kegiatan menyeduh dan menimun kopi ini tercatat sebagai rekor ke-5.222.

“Kami berharap Pemkab Bondowoso terus menggali kreativitas untuk bisa mencatatkan rekor lain di masa-masa mendatang. Semoga kopi Bondowoso juga semakin dikenal oleh masyarakat luas,” katanya. [TMA, Ant]

Dikutip dari

http://www.gatra.com/nusantara/jawa/5556-minum-kopi-bareng-masuk-muri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s